Rukun Iman dan Rukun Islam Yang Wajib ditaati Oleh Umat Islam

rukun iman dan rukun islamDi dalam agama Islam terdapat Rukun Iman dan juga Rukun Islam yang wajib dijalani serta ditaati oleh pemeluknya. Berikut ialah penjelasan Rukun Iman dan juga Rukun Islam yang perlu kamu pahami.

Rukun Iman

Menurut KBBI iman bisa diartikan dengan keyakinan ataupun ketetapan jiwa yang dijalani oleh seseorang. Dalam latar belakang agama sehingga akan terlihat iman dengan makna keyakinan serta akidah yang dipegang oleh seorang umat beragama.

Pada pemeluk agama Islam menyakini yaitu salah 1 prasyarat wajib yang wajib dipenuhi. Maksudnya tiap Mukmin diharuskan untuk memenuhi Rukun Iman. Ada 6 perintah yang memiliki pada rukun Iman, yaitu:

1. Iman kepada Allah

Rukun Iman yang pertama adalah beriman dan beriman kepada Allah.Untuk menjadi seorang muslim yang utuh, hal pertama yang harus dilakukan adalah meyakini bahwa Allah itu unik dan tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Dia.

2. Iman kepada Malaikat Allah

Yang kedua adalah malaikat yang beriman kepada Tuhan, Malaikat adalah ciptaan Tuhan, mereka selalu mematuhi semua perintah Tuhan dan tidak pernah mendurhakai sedikit pun. Setiap malaikat memiliki kewajiban yang berbeda-beda, ada 10 malaikat yang harus dipercaya: Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Munkar, Nakir, Raqib, Atid, Malik, Ridwan

3. Iman kepada kitab-kitab Allah

Rukun ketiga adalah kitab beriman kepada Allah, kitab yang dimaksud di sini adalah kitab suci Al-Qur’an. Ini karena Allah memberikan setiap ketetapan-Nya dalam Al-Qur’an yang disebarkan melalui para utusan-Nya.

4. Iman kepada Rasul-rasul Allah

Para rasul adalah utusan Allah dan mereka diperintahkan untuk menyebarkan agama mereka karena umat Islam harus percaya kepada mereka. Perlu dicatat di sini bahwa jika semua rasul otomatis menjadi nabi, tetapi tidak semua nabi adalah rasul, maka ada 25 rasul yang harus dipercayai oleh umat Islam.

5. Iman kepada Hari Akhir (Hari Kiamat)

Rukun kelima adalah percaya pada akhir.Sebagai hamba yang taat, kita juga harus percaya bahwa ketika hari itu tiba, semua perbuatan kita di bumi akan diperhitungkan. Hari itu juga disebut Hari Penghakiman

6. Iman kepada Qada dan Qadar (takdir)

Rukun iman yang terakhir adalah meyakini qada dan qadar, jika diartikan dalam bahasa kedua kata ini berarti takdir baik dan takdir buruk. Oleh karena itu, dalam rukun iman yang keenam ini, kita harus meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan atas kehendak Allah SWT.

Rukun Islam

Selain mempercayai dan mendirikan rukun iman seorang Muslim juga wajib mengimani rukun Islam, Rukun Iman dan Rukun Islam diyakini sebagai landasan seorang pemeluk agama Islam dalam menjalani kehidupannya.

Rukun Islam sendiri terdiri dari 5 perintah yang diwajibkan oleh Allah SWT kepada para hambanya, berikut adalah isi dari rukun Islam:

1. Membaca Dua Kalimat Syahadat

Rukun Islam yang pertama adalah membaca “Asy-hadu allaa ilaaha illallaahu wa asy-hadu anna muhammadarrasuulullahi”.

Artinya: “Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah”.

2. Mendirikan Salat

Rukun Islam selanjutnya adalah mendirikan salat 5 waktu, seperti yang kita ketahui bahwa salat merpakan tiang agama. Artinya kualitas keimanan kita dapat dilihat dari kualitas salat kita pula. Salat yang wajib kita lakukan terbagi menjadi 5 waktu, yakni: Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya.

3. Berpuasa pada Bulan Ramadhan

Selanjutnya adalah berpuasa saat bulan Ramadhan, wajib hukumnya bagi seorang Muslim yang sudah baligh untuk mendirikan puasa Ramadhan

4. Menunaikan Zakat

Menunaikan zakat wajib dilakukan bagi mereka yang beragama Islam dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 43 yang artinya: “Dan dirikanlah shalat, serta tunaikan zakat, dan rukuklah bersama dengan orang-orang yang ruku”.

5. Pergi Haji (Bagi yang Mampu)

Rukun yang terakhir adalah menunaikan ibadah haji bagi mereka yang mampu, hal ini dijelaskan dalam surat Al-Imran ayat 97 yang artinya: “Bagi orang yang sanggup mengadakan perjalanan,” (QS Ali Imran: 97)

Demikian ulasan tentang rukun iman dan rukun islam yang perlu anda ketahui, dan semoga informasi ini dapat menambah ketaqwaan anda kepada Allah SWT.

Source : https://kangsantri.id/

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *